17 Cara Tepat Memulai Usaha Event Organizer yang Tak Boleh Kamu Lewatkan!

Promosi konsisten

Bosan menjadi pegawai dan ingin mencoba usaha sendiri? Cobalah untuk membuka sebuah usaha yang mengatur tentang sebuah acara. Atau yang lebih dikenal dengan event organizer atau EO. Usaha ini dinilai cukup menguntungkan tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak. Peluang usaha ini pun cukup besar saat ini, karena banyak orang yang akan menggunakan jasa kamu.

Usaha jasa ini, tidak hanya cocok untuk dikota besar namun juga cocok untuk di kota kecil. Karena tidak semua orang memiliki waktu yang panjang untuk membuat sebuah acara. Nah, untuk mencoba memulai usaha ini, kamu harus mengetahui langkah awal dari usaha ini. Untuk membantu kamu, HaiEvent telah siapkan tips berupa cara tepat untuk membuka usaha event organizer.

17 Cara Tepat Memulai Usaha Event organizer

Kamu bisa mengikuti beberapa cara ini, untuk mulai membuka usaha. Karena tips ini akan menunjukkan beberapa langkah tepat dari sebelum kamu membuka usaha, sampai akhirnya memiliki usaha sukses. Berikut informasinya!

1. Mempelajari Tentang Event organizer dan Segala Hal yang Berhubungan Dengannya

Event Organizer
Event Organizer

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebagai langkah awal adalah mempelajari tentang event organizer itu sendiri. Contohnya, kamu harus memahami apakah tugas sebuah EO dan juga mencari ide-ide kreatif untuk acara EO kamu. Kamu juga bisa mencari tahu lebih tentang pengeluaran serta harga biasa dari jasa sebuah event organizer. Nah untuk mencari beragam informasi tersebut, kamu bisa mencarinya di internet.

Disisi lain, kamu juga bisa mencari informasi melalui buku-buku yang banyak dijual di pasaran. Melalui pencarian informasi seperti ini, kamu sudah siap untuk mengatasi segala permasalahan yang mungkin muncul. Terlebih lagi, kamu akan memiliki pilihan-pilihan tema yang kaya untuk digunakan nantinya. Selain itu, kamu juga harus mempelajari tentang manajemen dari usaha Event organizer. Sehingga kamu dapat mengetahui cara pengaturan yang terbaik untuk usaha ini.

2. Memahami Peluang Usaha EO

Events
Events

Setelah memahami secara jelas tentang event organizer, langkah yang selanjutnya adalah memahami seberapa besar peluang usaha ini. Usaha EO sangatlah memiliki peluang yang besar untuk kota besar maupun kecil. Karena kebanyakan orang banyak menghabiskan waktunya untuk bekerja dan tidak sempat menyusun sebuah acara. Hal inilah yang harus di manfaatkan. Sehingga dapat menjadi sumber pendapatan yang maksimal untuk kamu dan tim.

Selain itu, kamu harus pandai-pandai mencari peluang. Misalnya, sebarkan info tentang EO di media sosial. Hal ini penting untuk dilakukan, sehingga peluang usaha terus terbuka dan usaha semakin disukai oleh banyak orang. Pemahaman tentang peluang dari usaha, akan membantu kamu untuk menentukan tempat berusaha. Lebih dari itu, akan dapat diketahui apakah usaha akan berjalan lancar atau justru sebaliknya.

3. Mencoba Freelancer di Beberapa EO

Event
Event

Hal berikutnya yang harus kamu lanjutkan adalah mencari ilmu ke beberapa EO yang ada. Kamu bisa meminta untuk menjadi freelancer di tempat tersebut. Tidak perlu waktu yang lama, cukup 1-2 bulan. Di tempat ini kamu akan banyak belajar mengenai tema-tema untuk acara. Di samping itu, kamu akan mengetahui bagaimana cara menangani klien.

Tidak hanya itu, kamu akan mengetahui bagaimana manajemen keuangan dalam sebuah EO. Sehingga, kamu nantinya dapat menggunakannya sebagai contoh di EO pribadimu. Pengalaman dalam membuat acara tentunya akan membuat kamu matang untuk menghadapi segala masalah yang mungkin muncul dikemudian hari. Serta lebih siap untuk menghadapinya.

4. Pembentukan Tim yang Solid

Ilustrasi tim solid
Ilustrasi tim solid

Sebuah acara yang akan dibangun adalah hasil dari sebuah kerjasama tim. Hal ini penting anda ketahui karena tanpa adanya bantuan dari orang lain. Sebuah acara tidak akan mungkin tercipta. Oleh karenanya, mulailah mencari beberapa orang teman ataupun rekan yang solid untuk membantu anda dalam bekerja.

Usahakan dalam pencarian tim, kamu benar-benar telah mengenalnya. Atau jika tidak memungkinkan, lakukan wawancara sedalam mungkin. Sehingga kamu benar-benar mengetahui kepribadiannya. Hal ini penting, karena dalam membentuk sebuah acara dibutuhkan orang-orang yang loyal dan siap membantu rekan yang lain. Jadi, usahakan untuk memilih orang terbaik di tim kamu.

5. Memiliki Banyak Kenalan dan Relasi

Kenalan dan Relasi
Kenalan dan Relasi

Selain memiliki ilmu untuk membuka usaha, selanjutnya kamu harus memiliki banyak kenalan dan relasi. Contohnya, kamu harus memiliki relasi untuk musik ataupun penyedia tempat acara. Hal ini penting, karena semakin banyaknya relasi dengan beberapa tempat akan membuat kamu mendapatkan harga yang lebih murah. Selain itu, relasi juga penting untuk mengembangkan usaha.

Relasi yang dimilikki tidak hanya untuk pemilik bahan baku. Tapi juga bisa berasal dari klien. Klien yang puas dengan jasa kamu, cenderung akan menyebarkan berita EO kamu keseluruh orang. Sehingga dapat menambahkan banyak relasi untuk penyedia bahan baku ataupun klien sekaligus. Dengan relasi yang baik, bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan harga yang khusus untuk kelanjutan usaha kamu.

6. Modal Dalam Bentuk Uang

Modal
Modal

Setelah memiliki beberapa modal, termasuk ilmu dan relasi kamu harus siap dengan modal finansial. Keberadaan modal, akan menentukan seberapa besar usaha yang akan kamu bangun. Dan tanpa modal, tentunya kamu tidak dapat melakukan pemesanan tempat ataupun hal yang lainnya.

Nah, untuk modal sebenarnya bisa kamu dapatkan langsung dari pembayaran yang dilakukan klien. Namun hal ini bisa dilakukan jika kamu meminta pembayaran di awal. Tapi jika kamu meminta klien hanya membayar setengah dari biaya, sebaiknya siapkan uang untuk modal. Biasanya, untuk modal awal, hanya dibutuhkan sebesar Rp 5.000.000.

7. Miliki Kreativitas Dalam Diri

Kreativitas
Kreativitas

Acara yang akan kamu tangani nantinya tentu sangatlah beragam. Mulai dari acara akikah, ulang tahun bahkan pernikahan. Oleh karenanya, kamu harus memiliki kreativitas yang tinggi untuk setiap acara tersebut. Bukan tidak mungkin, kamu juga akan sering mendapatkan permintaan tema yang benar-benar original dan tidak pernah dipakai sebelumnya.

Untuk menambah ide-ide kreatif kamu, sebaiknya sering-sering untuk mengikuti acara ulang tahun atau acara lainnya. Kamu juga bisa mendiskusikannya dengan tim sehingga dapat menemukan ide baru. Jika memang mentok, cobalah untuk mencari banyak ide dari internet. Lalu, kreasikan dengan ide lama kamu dan kamu telah mendapatkan ide baru untuk disuguhkan pada klien.

8. Pematangan Konsep

Konsep
Konsep

Jika usaha sudah dimulai dan kamu sudah menerima klien pertama, sebaiknya lakukan tugas kamu dengan maksimal. Karena kesan pertama adalah hal yang penting. Karena dapat saja klien ini akan mengenalkan kamu dengan klien-klien lainnya setelah menggunakan jasa kamu. Pematangan konsep dapat kamu lakukan setelah menerima informasi yang didapatkan dari klien. Dan usahakan lakukan rapat dengan tim untuk membahas tema yang tepat.

Pematangan konsep juga perlu kamu lakukan dan diskusikan dengan klien. Sehingga terjadi kesepakatan antara kamu dan klien. Konsep tidak hanya harus diketahui oleh klien namun seluruh relasi yang mendukung jalannya acara. Dengan berjalannya acara sesuai konsep, maka jasa kamu tergolong berhasil. Dan telah memuaskan klien.

9. Miliki Kesabaran yang Tinggi

Kesabaran
Kesabaran

Dalam menjalankan sebuah usaha, penting untuk kamu memiliki kesabaran. Terlebih lagi bagi usaha yang berkenaan langsung dengan masyarakat. Usaha yang seperti ini, mengharuskan kamu memiliki kesabaran tinggi. Karena bukan tidak mungkin, kamu akan mengalami permintaan yang beragam dari klien. Belum lagi, jika klien marah dan tidak suka dengan konsep yang kamu buat.

Tidak hanya kamu yang harus memiliki kesabaran tingkat tinggi. Rekan kamu dalam bekerja pun harus demikian. Sehingga tidak akan ada kesalahpahaman dalam menjalankan usaha ini. Namun kamu tak perlu khawatir, karena semakin kamu berpengalaman dalam menangani klien. Kamu akan menjadi pribadi yang lebih sabar dan siap untuk menghadapi klien dengan watak apapun.

10. Evaluasi dan Upgrade Tim

Evaluasi
Evaluasi

Ketika proyek yang kamu ditangani sudah mulai banyak, jangan ragu untuk mengadakan evaluasi. Evaluasi bukan berarti terdapat kesalahan dalam tim ataupun acara kamu. Namun evaluasi dilakukan sebagai bentuk koreksi dan upaya peningkatan mutu dikemudian hari. Untuk melakukan kegiatan evaluasi, kamu bisa melakukannya selama 1 atau 2 minggu sekali. Sehingga kamu dapat mengetahui kekurangan mana yang harus diminimalisir.

Evaluasi yang kamu lakukan, tidak selamanya harus dilakukan di kantor. Karena kamu dapat melakukannya diluar kantor. Contohnya kamu mengajak rekan kerja kamu untuk berlibur di suatu kota. Melakukan evaluasi sekaligus gathering dengan rekan akan memberikan efek yang bagus untuk tim. Termasuk untuk membuat tim lebih fresh serta siap untuk menjalani proyek-proyek ke depannya.

11. Persiapan Penyelenggaran Acara

Persiapan
Persiapan

Setelah kamu selesai mempersiapkan konsep dan semua relasi yang dibutuhkan untuk acara. Selanjutnya kamu harus memulai persiapan acara berupa gladi bersih dan gladi kotor. Lakukan kedua hal ini dengan baik dan benar-benar sempurna sehingga tidak akan terjadi kesalahan dalam acara dikeesokan harinya. Jika dirasakan terdapat kesalahan dalam gladi kotor, sebaiknya kamu segera mencari solusi dengan tim kamu. Tujuannya, agar pada hari pelaksanaan, kamu siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk klien.

Pada gladi kotor dan gladi bersih, sebaiknya lakukan acara sesuai dengan konsep. Jika memang memungkinkan, undang klien pemilik acara untuk melihat gladi bersih tersebut. Hal ini penting, sebagai bentuk kesatuan pikiran dari kamu dan klien. Hingga akhirnya, setelah acara berjalan, klien akan puas dan acara pun berjalan dengan sukses.

12. Pastikan Acara yang Kamu Tangani Selalu Mengalami Kesuksesan

Kesuksesan
Kesuksesan

Kesuksesan kamu dalam menjalankan acara sangatlah dipengaruhi oleh kerja sama tim. Oleh karenanya lakukanlah briefing terakhir sebelum melangsungkan acara. Dan jangan lupa untuk memeriksa kesiapan dari relasi yang terlibat dalam acara tersebut. Kesuksesan acara ini dapat juga menjadi cara yang tepat agar event organizer kamu dapat berjalan dengan lancar.

Satu kesuksesan acara yang kamu yang jalani tentunya membuat sukses ini akan terus mengalir. Terlebih lagi jika klien, akhirnya menjadi saluran klien-klien yang lain. Namun ketika kamu telah sukses menjalankan sebuah acara. Jangan berhenti dan teruslah untuk mencoba melakukan evaluasi. Sehingga tim dan kinerja kamu tetap terupgrade dengan baik.

13. Membuat Perhitungan Keuntungan

Perhitungan Keuntungan
Perhitungan Keuntungan

Selesai membuat semua konsep dan berhasil menjalankan acara, waktunya untuk mulai menghitung keuntungan yang kamu dapat. Tapi jangan lupa keluarkan pula gaji rekan-rekan se tim kamu. Dan itulah hasil yang kamu dapatkan dalam sebuah acara. Jika EO kamu sudah mulai maju dan besar, sebaiknya lakukan perencanaan keuangan secara lebih rinci. Sehingga kamu mudah mengetahui berapa banyak pendapatan dan pengeluaran yang didapatkan.

Jika memungkinkan, kamu bisa membuat beragam pilihan paket untuk klien. Di mana dalam paket tersebut sudah tersedia beberapa tempat untuk acara beserta pilihan makanannya. Biasanya dengan begini, klien tidak bingung untuk memilih tempat. Dan kamu bisa menghitung keuntungan dengan lebih mudah. Serta, keuntungan dapat berlipat ganda secara langsung.

14. Membuat Promosi Secara Konsisten

Promosi Secara Konsisten
Promosi konsisten

Dalam membangun sebuah usaha, tentunya dibutuhkan sebuah promosi. Baik itu usaha apapun juga, terlebih lagi usaha event organizer ini. Kamu bisa memulai promosi dari pamflet hingga menggunakan media sosial. Namun untuk kamu yang tidak memiliki banyak modal untuk promosi dapat menggunakan media sosial. Contohnya, kamu dapat menyebarkan jasa kamu ini di grup WA, Facebook ataupun pada website.

Jika memang sudah memiliki budget untuk bagian promosi, kamu bisa melakukan promosi dengan menyebarkan pamflet. Cobalah untuk membagikan pamflet disekitar sekolah ataupun kampus dan kantor. Karena disinilah peluang kamu akan mulai terbuka. Jika kamu sudah memiliki modal yang lebih besar, kamu bisa membuat website resmi milik EO kamu. Dengan website ini kamu bisa lebih gencar untuk melakukan promosi.

15. Mementingkan Kualitas bukannya Profit

Kualitas
Kualitas

Jika kamu merasa bahwa usaha sudah mulai besar, jangan pernah lupa untuk tetap meningkatkan kualitas. Walaupun memiliki profit adalah hal yang penting, namun kamu tetap harus memperhatikan kualitas. Karena dengan kualitas yang baik, profit tentunya dapat mengikuti kemana pun kamu pergi.

Contohnya, ketika kamu telah melakukan banyak acara dengan sukses dan berkualitas baik di mata klien. Bukan tidak mungkin, klien ini yang nantinya akan membawa kamu kesetiap acara yang dibuatnya. Dan lebih dari itu kamu bisa mendapatkan banyak klien karena dikenalkan oleh klien kamu yang sebelumnya. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik untuk klien kamu.

16. Tetap Banyak Belajar

Tetap Banyak Belajar
Tetap belajar

Jika usaha kamu telah berjalan dengan lancar dan sukses. Kamu jangan berhenti untuk belajar dan terus memperbaharui pengetahuan. Cara kamu belajar pun tidak hanya terpaku dengan buku. Karena kamu dapat belajar dengan mendatangi beberapa acara ulang tahun ataupun acara lainnya. Melalui, hal ini kamu bisa mendapatkan ilmu secara lebih, karena langsung ikut bergabung didalamnya.

Selain itu, kamu juga bisa belajar melalui pengalaman-pengalaman yang telah dilewati. Cobalah untuk merenungkan adakah kekurangan dari setiap klien yang kamu layani. Kekurangan inilah yang akan menjadi guru terbaik kamu. Dan akan mempelajarinya, hingga tidak terulang kembali di masa depan.

17. Terus Berusaha dan Tidak Kenal Lelah

Bagian-bagian di atas, tidaklah mudah untuk dijalani. Mungkin sewaktu-waktu kamu terjatuh dan enggan kembali bangun dan memulai kembali. Hal inilah yang harus kamu hindari. Karena jika menyerah ditengah jalan, maka usaha kamu tidak akan berarti apa-apa. Oleh karenanya, penting untuk tetap memiliki sikap yang pantang menyerah dalam berusaha. Usaha yang kamu lakukan dengan tidak kenal lelah, nantinya akan berdampak terhadap usahamu. Tentunya, karena usaha tidak akan menghianati hasil.

Masih terdapat banyak cara yang harus kamu jalani sebelum membuka sebuah usaha event organizer. Namun ketika kamu sudah masuk didalamnya, semua langkah ini akan terasa cepat berlalu. Hingga saat kamu sadar, kamu telah berada dititik kesuksesan. Oleh karenanya, tetaplah bersemangat dan dapatkan usaha impianmu.

HaiEvent mendukung Event Organizer untuk mempromosikan acara dan usaha kamu melalui berbagai jaringan publikasi yang HaiEvent miliki. Caranya pun cukup mudah tanpa mengirimkan proposal acara, kamu cukup mengirimkan bahan publikasi acara yang sedang kamu buat melalui form kirim event. Sukses ya!

Event lainnya ...