Tips Jitu Mencari Lowongan Kerja di Bursa Kerja

Job Fair

Persaingan lowongan kerja semakin ketat di indonesia. Setiap tahunnya banyak sekali mahasiswa yang lulus kuliah, sedangkan lowongan pekerjaan semakin minim. Hal ini membuat pengangguran semakin tinggi di indonesia. Bursa kerja menjadi tempat yang paling sering dikunjungi para pencari kerja. Menemukan lowongan yang sesuai dengan kemampuan mereka. Berikut ini tips jitu mencari lowongan pekerjaan yang bisa anda lakukan.

Buat Daftar Perusahaan Yang Dilamar

Sebelum melamar, cobalah untuk membuat daftar perusahaan yang akan dilamar. Sesuaikan perusahaan dengan kemampuan dan lulusan yang anda miliki. Apalagi anda pergi ke bursa kerja, bila anda belum tahu perusahaan apa yang ada di bursa kerja tersebut. Akan membuat anda bingung dan akhirnya kelilingi boots tanpa jelas. Lebih baik untuk list semua perusahaan terlebih dahulu. Baru memasukkan lamaran yang anda inginkan.

Cek Posisi Lowongan Yang Tersedia

Setelah membuat semua daftar perusahaan yang mau dilamar. Cek juga posisi lamaran yang disediakan. Sehingga anda tahu, ada posisi yang sesuai dengan lulusan anda atau tidak. Jangan paksakan mendaftar di perusahaan yang tidak sesuai passion. Karena kemungkinan diterima kecil. Anda bisa melihat informasi tersebut di website perusahaan yang ingin anda lamar.

Job Fair

Pahami Letak Posisi Booth Perusahaan

Sebelum masuk ke bursa lowongan kerja, lihatlah denah booth perusahaan terlebih dahulu. Biasanya terletak di depan pintu masuk. Dengan mengetahui posisinya dengan tepat, anda bisa lebih menghemat tenaga dan waktu. Tak perlu berkeliling ke semua area bursa kerja, hanya untuk mencari boots perusahaan tersebut.

Tetap Tenang

Pada saat mengikuti wawancara di bursa kerja, anda akan langsung berhadapan dengan HRD perusahaan tersebut. Tetaplah bersikap tenang tapi menunjukkan antusias untuk bekerja di perusahaan tersebut. Mulailah dengan pembicaraan yang santai, tunjukkan sikap yang ramah dan jadilah pendengar yang baik. Jangan pernah menyela pembicaraan orang lain. Bila memungkinkan, cobalah melakukan pendekatan dengan HRD senior. Mintalah informasi lengkap mengenai perusahaan yang akan anda lamar.

Jelaskan Kemampuan Diri dengan Singkat, Padat dan Jelas

Pada saat interview dengan HRD, jelaskan kemampuan diri anda dengan singkat, padat dan jelas. Minimal jelaskan semuanya selama 2 menit. Anda bisa berlatih terlebih dahulu di rumah. Tidak perlu menjelaskan diri anda terlalu panjang lebar dan tidak ada maknanya sama sekali. Pastikan perkataan yang anda ucapkan mampu menarik perhatian HRD

Job Fair
Job Fair

Selalu Update Informasi

Jangan lupa untuk selalu update informasi lowongan kerja. Mintalah kontak yang bisa dihubungi dan tanyakan informasi penerimaan akan diinfokan melalui media apa, jangan takut untuk menjadi seorang yang aktif. Satu minggu setelah wawancara di bursa kerja, anda bisa menghubungi perusahaan. Anda bisa menanyakan informasi penerimaan, kalau belum ada informasi sama sekali. Bila anda menunggu, tanpa adanya kepastian. Mungkin anda akan terjebak di satu perusahaan saja

Perhatikan Resume Milik Anda

Pada saat melamar pekerjaan, jangan lupa untuk memperhatikan resume yang anda miliki. Tulis semuanya dengan sebaik mungkin. Karena pertama kali yang dilihat adalah resume anda. Bila perlu masukan portofolio yang sudah anda buat. Tunjukkan semua kemampuan anda, yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang anda lamar. Dengan begitu perusahaan tahu kemampuan yang anda miliki.

Ketika mencari lowongan kerja, fokuslah untuk mencari peluang lain. Jangan hanya melamar di satu perusahaan saja. Karena anda tidak pernah tahu, di mana rejeki akan anda dapatkan.