Statistics Day – Universitas Padjadjaran

Statistics Day atau dikenal dengan statday adalah rangkaian acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Statistika Fmipa Universitas Padjadjaran dan Jurusan Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran. Awal mula diadakannya statday yaitu pada tahun 2010 dalam rangka merayakan Dies Natalis Himasta FMIPA Unpad yang ke-47. Pada tahun pertamanya, Statistics day memiliki 2 rangkaian acara yaitu seminar nasional dan Blazture. Statday terus berjalan hingga penyelenggaraannya yang ke-8 pada tahun ini dan memiliki tema “Preserve The Harmony of Your Soul with Culture” namun memiliki sedikit perubahan dengan menambah rangkaian acara nya menjadi 3 rangkaian yaitu Rasio, Semnas, dan Blazture.

Padjadjaran Statistics Olympiad (RASIO 2.0)“

Padjadjaran statistics olympiade (Rasio) yang merupakan rangkaian pertama dari Statday ini adalah sebuah ajang kompetisi yang diselenggarakan pada tingkat nasional. Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk menjaring mahasiswa dan mahasiswi Diploma/S1 dalam bidang Statistika yang akan berkontribusi di masyarakat dalam menjembatani antara teoritis dan aplikasi di masa yang akan datang dan diharapkan ketika menghadapi masalah-masalah yang rumit dapat melihat bahwa di balik permasalahan selalu ada titik terang, serta dapat menyelesaikannya dengan pengaplikasian ilmu Statistika dengan analisis yang akurat sehingga menghasilkan keputusan yang tepat.

Kegiatan ini berupa olimpiade Statistika yang meliputi penyelesaian kasus real problem, konsep peluang, dan soal-soal Statistika pada umumnya. Pada tahun pertama nya, Rasio mengangkat tema “Discover a Brighter Side of Problem With Statistics”. Tahun ini, pada tahun kedua penyelenggaraannya, Rasio mengangkat tema “Probabiliti dan Inferensial” yang akan dilaksanakan 2 hari yaitu pada tanggal 25-26 Oktober 2018 bertempat di Statistika FMIPA Unpad.

Rasio memiliki 3 tahap perlombaan, yaitu tahap 1 online yang akan mengeliminasi peserta menjadi 40 team semi finalis yang akan lanjut masuk ke tahap 2 dan 3 di Jatinangor. Berbeda dengan ajang kompetisi lainnya, Rasio tidak menggunakan sistem gugur, akan tetapi setiap peserta yang masuk ke semifinal akan dapat berkompetisi hingga tahap akhir bersama-sama. Dan dipenghujung acara ada beberapa kategori yang akan menjadi pemenang yaitu : Best speaker category, Best Theory, Best Overall serta tim peraih medali perunggu, perak, emas, dan Juara Umum yang tentu nya akan dinilai oleh juri yang berkompeten.

Seminar Nasional Statistika VII

Seminar Nasional Statistika (SNS) merupakan rangkaian kedua dari Statday. Salah satu tujuan dari seminar ini adalah menjadi media untuk saling bertukar ilmu dan ide melalui berbagai narasumber mengenai perkembangan terbaru statistika dan aplikasinya. Tema yang diangkat dari semnas tiap tahun nya beragam seputar peranan statistika dalam kehidupan. Diisi oleh Keynote Speaker dan beberapa pembicara kompeten pada bidang nya.

Diawali dari tahun 2010 rangkaian seminar nasional pertama bertema “Manajemen resiko dibidang perbankan dan asuransi”, tahun kedua penyelenggaraannya mengangkat tema “Peranan statistika dalam bidang ekonomi”. Pada tahun keempat penyelenggaraannya, bersamaan dengan Dies Natalis Jurusan Statistika (Saat ini Departemen Statistika) dan Dies Natalis Himasta Fmipa Unpad yang ke-50 seminar Nasional dan diadakan Seminar internasional yang diberi nama “International Conference of Applied Statistics 2013 (ICAS-2013)”. Ditahun berikutnya, rangkaian acara kembali menjadi seminar nasional dengan tema “Peranan statistika dalam bidang eksplorasi energi Indonesia”. Tahun berikutnya, semnas ke-V mengangkat tema “Peranan statistika dan sistem informasi dalam pemetaan kualitas pendidikan”. Tahun berikutnya terdapat perubahan kembali menjadi taraf internasional yang diadakan setiap 3 tahun sekali dengan nama “The 2nd International Conference On Applied Statistics and Workshop on Spatial Analysis (ICAS 2016)”. Lalu tahun berikut nya semnas ke-VI bertema “Peranan statistika dan aktuaria dalam pengelolaan bencana”.

Pada tahun ini, Semnas ke-VII, akan kembali diselenggarakan yang bertempat di Universitas Padjadjaran Jatinangor pada tanggal 27 Oktober 2018 dengan mengangkat tema “Peranan Statistika dalam Suistainable Development Goals”.

Pentas seni Blazture

Blues and Jazz Meets The Culture atau biasa disingkat Blazture merupakan rangkaian ketiga sekaligus penutup dari Statday. Blazture yang berkonsep pentas seni budaya ini bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa yang berminat dalam pengadaan suatu event dan memfasilitasi kemampuan mahasiswa dalam berkarya di bidang seni serta membantu melestarikan budaya terkait dari konsep yang diangkat.

Blazture sukses menghibur para penonton di tiap tahunnya dengan mengundang artis-artis nasional. Tahun ini Blazture kembali hadir dan mengusung tema “Bring Your Heart To Unite Cultures Into One Melody” dengan bintang tamu yang tidak kalah menarik dari tahun-tahun sebelumnya. So stay tuned anddon’t miss your chance to feel the excitement of Blazture 2018!

Info dan Kontak:
Mochammad Ghiffari (0812-8975-9287) line : moghiffari
Rifka Nabilah Putri (0896-2916-2217) line: rifka_np

Ringkasan
Event
Statistics Day
Tempat
Universitas Padjadjaran, Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Hegarmanah, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Dimulai
25/10/2018
Berakhir
10/11/2018
Deskripsi
Statistics Day atau dikenal dengan statday adalah rangkaian acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Statistika Fmipa Universitas Padjadjaran dan Jurusan Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran.