POLFAIR (Political Science Fair) 2018 – Universitas Indonesia

Political Science Fair 2018 merupakan serangkaian mata acara edukatif yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Indonesia. Tema yang diangkat adalah “Mengawal Pemilu 2019 yang Bersih dari Politik Identitas untuk Memperkuat Demokrasi Indonesia”.

Tujuan diadakannya acara ini adalah memberi pengetahuan tentang upaya menghadapi tantangan politik identitas serta mewadahi mahasiswa/i seluruh Indonesia untuk berkarya ataupun berekspresi melalui tulisan dan lisan dalam rangka memeriahkan pesta demokrasi 2019 nanti.

Selain tujuan diatas, Political Science Fair 2018 juga dapat menjadi wadah perkumpulan para mahasiswa yang berasal dari universitas yang berbeda di seluruh Indonesia dalam membangun relasi dan berkarya bersama.

Berangkat dari tujuan tersebut maka Political Science Fair 2018 mengadakan beberapa mata acara seperti lomba call for paper, kunjungan ke institusi pemerintahan, seminar nasional, dan gala diner.

Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasan dari masing-masing mata acara:

Call for Paper

Call for Paper merupakan sebuah kompetisi karya tulis ilmiah berskala nasional dan diperuntukkan bagi Mahasiswa S1 di seluruh universitas di Indonesia.

Peserta terdiri atas individu maupun tim dengan maksimal 3 anggota. Para peserta diharapkan mampu memberikan gagasan-gagasannya dalam mengawal pelaksanaan pesta demokrasi pada tahun 2019 agar bersih dari unsur politik identitas. Peserta dapat memilih satu dari 4 subtema untuk dijadikan fokus utama dalam menulis karyanya.

Beberapa tema yang dimaksud, yaitu:

  • Praktik Politik Identitas pada Pemilihan Umum
  • Populisme
  • Diskriminasi Terhadap Minoritas
  • Disintegrasi dalam Masyarakat Multikultural

Masing-masing peserta diharapkan mampu menguasai subtema yang mereka pilih. Sebelum mengikuti kompetisi, peserta diwajibkan mengisi formulir registrasi dan mengirimkannya bersamaan dengan abstrak yang diajukan. Setelah itu, proses seleksi terdiri atas 2 tahap yaitu tahap seleksi abstrak dan presentasi.

10 abstrak terbaik akan dipilih untuk datang dan mempresentasikan karya mereka yang sudah berbentuk full paper di hadapan para juri. Presentasi bertujuan menunjukkan pemahaman dan penguasaan subtema yang dibawa peserta dalam karyanya kepada para juri.

Pada tahap final atau tahap presentasi ini, juri akan memilih siapa yang layak menjadi pemenang Political Science Fair: Call for Paper. Setiap peserta akan mengikuti serangkaian kegiatan Political Science Fair selama proses seleksi berlangsung.

Adapun linimasa Call for Paper Competition adalah sebagai berikut:

  • Registrasi dan Pendaftaran Abstrak : 24 Juli – 2 September 2018
  • Seleksi Abstrak : 3 – 9 September 2018
  • Pengumuman Delegasi (10 Abstrak Terbaik) : 10 September 2018
  • Penyerahan Full Paper : 11 September – 4 November 2018

Paper Presentation

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kegiatan ini bermaksud menguji kemampuan peserta dan apakah peserta memahami dengan jelas materi paper mereka. Sebagai seleksi tahap akhir, Paper Presentation menjadi unsur penting dalam kelancaran berjalannya Political Science Fair. Sebelum didakan Paper Presentation akan diadakan Technical Meeting untuk para peserta di hari sebelumnya yaitu Selasa tanggal 13 November 2018.

Paper Presentation akan mendatangkan 3 (tiga) orang juri yang berasal dari kalangan akademisi maupun peneliti. Kegiatan ini akan digelar pada:

  • Hari/Tanggal : Rabu, 14 November 2018
  • Waktu : 09.00 – 16.00 WIB
  • Tempat : Auditorium Juwono Soedarsono, FISIP UI

Institutional Visit

Berikutnya, Political Science Fair 2018 memberikan kesempatan bagi delegasi Call for Paper dan Mahasiswa Ilmu Politik FISIP UI dengan ketentuan maksimum berjumlah 15-30 orang untuk merasakan pengalaman berkunjung ke salah satu lembaga pemerintahan di Indonesia, yaitu BAWASLU RI

Kegiatan ini bertujuan memberikan wawasan kepada para peserta terkait proses kerja lembaga pemerintahan tersebut dalam mengawal pelaksanaan pemilihan umum dari pelanggaran-pelanggaran yang dapat muncul seperti politik identias melalui perspektif legal/konstitutional.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini akan dilengkapi dengan workshop yang dibawakan oleh lembaga tersebut. Rencananya, kegiatan ini akan digelar pada:

  • Hari/Tanggal : Kamis, 15 November 2018
  • Waktu : 10.00 – 15.00 WIB
  • Tempat : Kantor BAWASLU RI
  • Alamat : Jl. MH. Thamrin No. 14, Jakarta Pusat

Seminar Nasional

Pada hari terakhir akan dilaksanakan Seminar sebagai salah satu acara utama rangkaian acara Political Science Fair 2018. Target peserta dari seminar ini adalah mahasiswa baik berasal dari rumpun ilmu sosial humaniora maupun sains teknologi yang sebelumnya sudah/belum mengetahui isu-isu tentang politik identitas dan pemilihan umum.

Seminar terdiri dari 2 (dua) sesi dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Tema : Mengawal Pemilu 2019 yang Bersih dari Politik Identitas untuk Memperkuat Demokrasi Indonesia
  • Hari/Tanggal : Jumat, 16 November 2018
  • Waktu : 13.30 – 17.50 WIB
  • Tempat : Auditorium Juwono Sudarsono, FISIP UI

Gala Dinner

Setelah berkompetisi dan mengikuti serangkaian kegiatan Political Science Fair 2018, para peserta akan diundang untuk menikmati jamuan makan malam bersama para panitia. Gala Dinner dibutuhkan sebagai acara penutup sekaligus menunjukkan keseriusan Political Science Fair 2018 dalam menggelar kompetisi berskala nasional.

Para pemenang akan diumumkan saat acara ini berlangsung. Harapannya, Gala Dinner dapat menjadi wadah bagi para stakeholders untuk menjalin relasi dan mempererat substansi kegiatan Political Science Fair 2018. Acara ini juga akan dilengkapi dengan hiburan berupa live music, permainan, dan lain-lain.

Rencananya, kegiatan ini akan digelar pada:

  • Hari/Tanggal : Jumat, 16 November 2018
  • Waktu : 18.30 – 21.00 WIB
  • Tempat : Auditorium Juwono Sudarsono, FISIP UI
  • Tema Pakaian : Batik & White

Info dan Kontak:
[email protected]
087736046161 (syafrie)
Line : syafrenaldo
IG : @HMIPUI

Ringkasan
Event
POLFAIR (Political Science Fair) 2018
Tempat
Universitas Indonesia, Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Beji, Kota Depok, Jawa Barat- 16424
Dimulai
24/07/2018
Berakhir
16/11/2018
Deskripsi
Political Science Fair 2018 merupakan serangkaian mata acara edukatif yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Indonesia. Tema yang diangkat adalah “Mengawal Pemilu 2019 yang Bersih dari Politik Identitas untuk Memperkuat Demokrasi Indonesia”.