BIG ISOC 2019

Tanggal07-08 September 2019
Waktu06:00 – 18:00
TempatDaerah Istimewa Yogyakarta
Biaya PendaftaranPelajar SMA Sederajat Rp. 200.000
Mahasiswa Rp. 250.000
Official Rp. 75.000

Orinteering merupakan kegiatan olahraga di bidang navigasi yang menggunakan peta dan kompas untuk menemukan titik-titik kontrol yang telah ditandai di lokasi-lokasi tertentu pada area perlombaan dengan waktu secepat mungkin.

Orienteering lebih dari sebuah olahraga biasa yang memadukan berbagai aspek antara keselarasan berpikir, kecepatan, dan kekuatan fisik. Pelaksanaan orienteering dilakukan di segala medan pada permukaan bumi seperti area pegunungan, perbukitan, pantai, pedesaan, dan area lainnya

Orienteering sebagai sebuah olahraga universal yang dapat dilakukan oleh berbagai kalangan, baik tua maupun muda dari atlet professional hingga pelajar.

Kegiatan orienteering telah banyak diselenggarakan di berbagai negara. Hal itu menunjukkan bahwa orienteering telah cukup populer di mata dunia.

Namun, masyarakat Indonesia sendiri belum begitu mengenal olahraga yang bernama orienteering. Pengetahuan mengenai olahraga orienteering belum dikenalkan ke masyarakat Indonesia secara meluas.

Adanya Indonesian Student Orienteering Competition 2019, diharapkan dapat memopulerkan olahraga orienteering ke masyarakat luas di seluruh Indonesia.

Indonesian Student Orienteering Competition 2019 merupakan serangkaian kegiatan tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi atau yang disebut dengan STARGIS (Student Association of Remote Sensing and Geographic Information System) yang berada di bawah tanggung jawab Keluarga Mahasiswa Departemen Teknologi Kebumian, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada.

Program studi ini mempunyai kaitan yang sangat erat dengan pemetaaan atau bidang spasial (keruangan). Peta merupakan salah satu sumber informasi yang berguna di dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam kehidupan bermasyarakat. Namun, budaya penggunaan peta di Indonesia saat ini dirasa masih sangat kurang, sehingga diharapkan dengan diadakannya Indonesian Student Orienteering Competition 2019, para generasi muda khususnya pelajar SMA/sederajat dan mahasiswa dapat lebih mengenal dengan baik pembacaan dan penggunaan peta yang benar.

Kompetisi Ini mengandalkan kemampuan peserta bernavigasi menggunakan peta, kekuatan untuk melalui medan-medan yang telah dibuat oleh penyelenggara, serta kecepatan untuk mencapai titik finish.

Orienteering akan membuat peserta mengikuti jalur yang telah tertera pada peta tiap masing-masing peserta. Jalur tersebut harus dilalui secara tepat dan berurutan di mana urutan tersebut masuk dalam penilaian kompetisi.

Info dan Kontak:
Iqbal (Ketua Pelaksana) : 0898 1644 303/@hahaiqbal20 (id line)
Umi (kesekretariatan): 0815 5648 2039
JIhan (Humas): 0858 0623 2321