Diskusi Gebrakan “20 Tahun Reformasi: Dari Kami yang Muda Menolak Lupa” – Unika Atma Jaya Jakarta, 27 Agustus 2018

Diskusi Gebrakan "20 Tahun Reformasi: Dari Kami yang Muda Menolak Lupa" - Unika Atma Jaya Jakarta, 27 Agustus 2018
Diskusi Gebrakan “20 Tahun Reformasi: Dari Kami yang Muda Menolak Lupa” – Unika Atma Jaya Jakarta, 27 Agustus 2018

Pada tahun 1998 Indonesia berpindah dari era orde baru ke era reformasi, reformasi ini sendiri terjadi bukan hanya karena kebetulan semata tetapi ada banyak peristiwa yang terjadi dibalik reformasi. Diawali dengan krisis ekonomi Asia hingga ketidakpuasan masyarakat terhadap pemerintahan yang berjalan pada saat itu akhirnya mendorong masyarakat, terutama mahasiswa untuk turun tangan menginginkan adanya perubahan terhadap sistem pemerintahan di Indonesia. Setelah 20 tahun sejak reformasi terjadi, ada banyak hal positif dan negatif yang terjadi di Indonesia, dimulai dari kasus pelanggaran HAM hingga sistem demokrasi. Oleh karena itu, untuk memeringati 20 tahun Reformasi, UKM Fodim akan mengadakan Diskusi Gebrakan dengan tema “20 Tahun Reformasi: Dari Kami yang Muda Menolak Lupa”.

Melalui diskusi ini UKM Fodim ingin mengajak mahasiswa masa kini terutama yang lahir di atas tahun 2000 untuk mengetahui sejarah tentang 1998, pelajaran apa yang dapat diambil serta hal yang dapat dipelajari agar menjadi pembelajaran dan refleksi yang berguna bagi mahasiswa.

Pada kegiatan Diskusi Gebrakan kali ini, kami akan membaginya dalam 2 sesi. Pada sesi pertama akan diadakan Focus Group Discussion (FGD) dimana peserta akan dibagi ke dalam beberapa kelompok dan diberikan beberapa topik bahasan. Kemudian setiap peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat mereka yang dapat dijadikan sebagai pertanyaan di sesi kedua.

Pada sesi kedua akan diadakan dialog interaktif/talkshow yang akan dihadiri oleh beberapa narasumber dari berbagai sudut pandang, diantaranya Romo Triatmoko sebagai sosok mahasiwa yang sedang berkuliah di Amerika pada tahun 1998 sehingga dapat menceritakan bagaimana euforia yang dirasakan di luar negeri, Ibu Sumarsih sebagai perwakilan dari pihak keluarga korban kejadian 1998, Dr. Yohanes Temaluru, M.Psi sebagai figur dosen yang mendampingi mahasiswa Unika Atma Jaya saat kejadian 1998, dan perwakilan aktivis dari Rembuk Nasional yang merupakan sebuah acara dalam rangka memperingati 20 tahun reformasi dengan menghadirkan aktivis kejadian 1998.

Pada sesi penutup seluruh peserta akan menulisakan ide/gagasannya tentang hal yang akan dilakukan kedepannya sesuai dengan relevansi antara kejadian 1998 dan sekarang sebagai bentuk partisipasi peserta dalam acara diskusi gebrakan.

Dari peristiwa 20 tahun tersebut, dapat terlihat semangat generasi muda yang membara demi Indonesia yang lebih baik. Walaupun nyatanya dengan perjuangan mereka, tidak sedikit peristiwa yang membekas luka di masyarakat. Banyak pengorbanan yang dilakukan dan tidak semuanya diungkapkan pada masyarakat luas sesuai dengan faktanya, yang menimbulkan keresahan di masyarakat sampai saat ini.

Dari fenomena di atas, sebagai anak muda khususnya mahasiswa/i perlu diingat bahwa tanpa semangat muda mereka Indonesia tidak akan sama seperti sekarang. Maka dari itu perlu lah wawasan yang luas untuk mengingatkan perjuangan dan pengorbanan para mahasiswa yang ada saat itu demi Indonesia yang lebih baik dan terus berkarya demi Indonesia yang lebih baik, melihat sudah banyak perpecahan yang terjadi di Indonesia karena kurangnya rasa peduli terhadap Indonesia.

Melihat saat ini semakin banyak kaum muda yang kurang mengenal dan memahami asal usul dari Indonesia yang ada saat ini, yang mana melewati peristiwa-peristiwa bersejarah yang mana salah satunya ialah reformasi. Hal ini dikarenakan kita sebagai rakyat Indonesia perlu dan harus faham serta tahu mengenai asal-usul negara Indonesia atau dalam hal ini Reformasi agar dapat membangun negara Indonesia kearah yang lebih baik lagi sekaligus menghormati mereka yang telah berjuang dengan tekad membawa maju negara Indonesia.

Harga Tiket Masuk (HTM): Rp 15.000

Info dan Kontak:
Line: vinindy (Vini Nindya) / taniesha (Taniesha)
Whatsapp: 089697168081 (Vini Nindya) / 08998197299 (Taniesha)

Ringkasan
Event
Diskusi Gebrakan "20 Tahun Reformasi: Dari Kami yang Muda Menolak Lupa"
Tempat
Gedung Yustinus, Lt. 15, Unika Atma Jaya Jakarta, Jl. Jend. Sudirman No.51, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta- 12930
Dimulai
27/08/2018
Berakhir
27/08/2018
Deskripsi
Untuk memeringati 20 tahun Reformasi, UKM Fodim akan mengadakan Diskusi Gebrakan dengan tema “20 Tahun Reformasi: Dari Kami yang Muda Menolak Lupa".
Event lainnya ...
Diskusi Event