Pameran Seni Rupa ‘Urip iku Urup’ – Balai Soedjatmoko Solo, 30 Mei – 3 Juni 2015

Pameran Seni Rupa ‘Urip iku Urup’

Tanggal: 30 Mei – 3 Juni 2015

Tempat: Balai Soedjatmoko – Bentara Budaya Solo, Jln. Slamet Riyadi 284 Solo

Waktu:

  • Opening: Sabtu 30 Mei 2015, jam 19.00 WIB
  • Pameran: 30 Mei – 3 Juni 2015 , jam : 09.00 – 21.00 WIB

Harga tiket masuk: GRATIS!

Pameran Seni Rupa 'Urip iku Urup' - Balai Soedjatmoko Bentara Budaya Solo, 30 Mei - 3 Juni 2015

Pameran Seni Rupa ‘Urip iku Urup’ – Balai Soedjatmoko Bentara Budaya Solo, 30 Mei – 3 Juni 2015

Balai Soedjatmoko – Bentara Budaya Solo bekerja sama dengan Kelompok Titik Api, akan menggelar pameran seni rupa bertajuk “URIP IKU URUP” pada 30 Mei – 3 Juni 2015.

Pameran ini adalah pameran ke empat yang dilakukan oleh kelompok Titik Api, di 3 kota (Bentara Budaya Solo, Museum Seni Rupa & Keramik Jakarta-2012, dan Roemah Seni Sarasvaty Bandung-2014) dan merupakan pameran ke 2 di Bentara Budaya Solo. Dan pameran berikutnya di tahun 2016 yang direncanakan akan dilakukan di Galeri Nasional Jakarta.

Kelompok Titik Api yang terdiri dari 7 perupa Alumni Seni Rupa UNS Solo ini dibentuk pada tahun 2012 bukanlah sebagai sebuah kelompok yang sekedar ingin berpameran dan menyajikan kekaryaan hasil olah ciptanya, melainkan lebih menyoal bagaimana membagikan spirit berkesenian bagi rekan rekan alumni dan civitas academica UNS dan seniman lainnya di kota Solo. Selain upaya untuk tetap menghidupkan dan menghangatkan atmosfir kesenian di kota Solo, kelompok ini juga berharap apa yang mereka lakukan akan berdampak pada kesetaraan seniman rupa daerah dengan seniman rupa dari kota besar kesenian lainnya. Itulah mengapa Pameran yang mereka lakukan tidak hanya di helat di kota Solo saja.

“URIP IKU URUP” sebagai judul Pameran dipilih berdasarkan pada semangat berbagi, semangat untuk menjadi kebermanfaatan bagi orang lain, dan sebuah harapan yang dapat mengingatkan kita semua tentang keberadaan sebuah kehidupan dan manfaatnya terhadap lingkup sosial yang ada disekitar kita. Tema ini tentu saja diterjemahkan oleh kelompok ini dalam pemahaman kekinian baik secara konseptual maupun visual, dan dikurasi oleh Anunsiata Srisabda, kurator independen yang bertempat tinggal di Bandung, dan beberapa kali mengkurasi pameran yang bersifat nasional dan salah satu karya kurasinya mendapat penghargaan sebagai karya kurasi yang berbeda dan orisinal.

Yang menarik dari kelompok ini mereka adalah perupa yang memiliki beragam profesi, tidak hanya sebagai seniman melainkan berprofesi sebagai pendidik, disainer, bahkan kontraktor.

Para Perupa yang tergabung dalam kelompok Titik Api, yang akan berpameran kali ini adalah:

  • Agus (Brewok) Nur Setiawan. Tercatat sebagai staff pengajar di Juruan Seni Rupa Murni, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Agus juga merupakan salah satu penggiat seni rupa anak dan remaja sejak tahun 1980.
  • Djoko (Bob) Sudarwo. Lahir di Yogyakarta. Menempuh pendidikan SSRI Yogya (lulus 1980) dan di Jurusan Seni Rupa, Universitas Sebelas Maret Surakarta pada tahun 1981. Sejak tahun 1991 Bob berprofesi sebagai perancang grafis di Jakarta.
  • Ferry Suraatmaja. Sempat melakukan studi di FSRD di Insitut Teknologi Bandung di tahun 1979 dan juga tercatat sebagai mahasiswa Universitas Sebelas Maret di tahun 1983. Selain menjadi seorang perupa, Ferry berprofesi sebagai disainer (Grafis & Interior) di Jakarta.
  • Meru Sumeru. Lulusan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret, Surakarta ini masih aktif dalam berbagai kegiatan seni di Surakarta maupun di beberapa kota besar di Indonesia.
  • Thamrin Sinuraya. Lahir di kota Bandung dan menempuh pendidikan seni murni di Universitas Sebelas Maret, Surakarta.Profesinya sebagaim kontraktor tidak menghalanginya untuk terus berkarya.
  • Tri Sapta Anggara. Menempuh pendidikan di Jururusan Seni Rupa, Universitas Sebelas Maret pada tahun 1983. Sebagai seniman lukis aktif melakukan pameran di beberapa kota dan mengisi waktunya dengan berkebun.
  • Sugiono. Lulusan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret ini aktif melakukan pameran senirupa di dalam dan di luar negri.

Dengan dihelatnya pameran ini, diharapkan terjadi pertukaran pikiran dan pengalaman dalam berkesenian hingga suatu saat nanti akan terbentuk barisan para perupa dari Surakarta yang bisa berdiri sejajar dengan para perupa Indonesia dan bisa berpartisipasi dalam percaturan jagat seni rupa Indonesia bahkan dunia.

Rundown acara:

  • Acara pembukaan Sabtu, 30 Mei 2015 dimeriahkan oleh permance ‘Solo Blues Community’
  • Selasa, 2 Juni 2015, jam: 19.00 WIB: Acara Diskusi Seni Rupa

=============

Info dan kontak:

Balai Soedjatmoko – Bentara Budaya Solo

  • Telp. & faks.: 0271-741990
  • Email: balaisoedjatmoko@bentarabudaya.com

CP:

  • Djoko Sudarwo (Bob) Jakarta: 0812 9313 0810
    • Email : bob.djokosudarwo@gmail.com
  • Ferry Suraatmaja – Jakarta: 0813 9886 9809
  • Thamrin Sinuraya – Bandung: 0813 1244 0688
  • Agus Nur Setiawan – Solo: 0812 2624 4870
Dipublikasikan oleh @HaiEvent
Kategori Event: JuniMeiPameranSeni & BudayaSolo

Info Jadwal Acara, Event & Promo Lainnya..