Bangka Culture Wave – Pantai Tongaci Sungailiat, 8 – 12 September 2016

Bangka Culture Wave 2016

Tempat: Pantai Tongaci, Sungailiat – Bangka
Tanggal: 8 – 12 September 2016

Bangka Culture Wave - Pantai Tongaci Sungailiat, 8 - 12 September 2016

Bangka Culture Wave – Pantai Tongaci Sungailiat, 8 – 12 September 2016

Deskripsi:
Bangka Culture Wave, BCW, adalah Festival multievent yang berlangsung selama sepekan di Pantai Tongaci Sungailiat Bangka. Diselenggarakan untuk pertama kalinya, diharapkan menjadi atraksi utama kepariwisataan di Bangka Belitung.

Sebagaimana dicerminkan dari namanya, BCW, menampilkan gelombang budaya multi etnis, yang menghampiri dan membentuk keunikan pulau Bangka selama berabad abad. Mulai dari Melayu, Cina, Belanda, Jawa, Arab dan berbagai ragam suku bangsa di Indonesia. Di pulau ini, gelombang budaya ini meninggalkan jejaknya dengan kuat, sekaligus menciptakan asimilasi yang indah.

Festival ini akan diselenggarakan secara reguler setiap tahun, dengan tema berbeda. BCW diharapkan menjadi inspirasi bagi penciptaan kreativitas dan forum dialog bagi seniman lokal, nasional maupun internasional.

Tema BCW2016 adalah GARUDA & PENYU : Melaras Samudra Langit dan Gelombang Bumi.

Acara utama akan ditandai pembukaan Museum Garuda dan Pelepasan 71 penyu ke samudra. Diselenggarakan pada Kamis, 8 September 2016. Bertempat di DeLOCOMOTIEF Art Stage. Pantai Tongaci, Sungaliat Bangka.

Agenda Acara

Kegiatan multievent berlangsung dari 8 hingga 12 September 2016. Sementara pameran seni rupa dilanjutkan hingga 8 Januari 2017. Ada Empat kegiatan yang saling berkait, yang menandai BANGKA CULTURE WAVE. Yaitu:

GARUDA & PENYU : “Melaras Samudra Langit dan Gelombang Bumi”

Merupakan acara utama yang membuka keseluruhan acara, yang insya Allah dibuka oleh Kementerian Pariwisata Indonesia, yang secara simbolis melepaskan 71 penyu ke Samudra. Sekaligus diluncurkan Jalur Samudra Cheng Ho di Bangka, sebagai ikon Pariwisata Bahari Indonesia.

Pada hari ini juga, diselenggarakan Orasi Budaya MITOS GARUDA PENYU, yang akan disampaikan oleh Prof Jean Couteau, menandai pembukaan museum dan pameran DeLOCOMOTIEF Art Stage, pada Kamis, 8 September 2016.

BANGKART Performance Wave

Berupa pertunjukan tari, musik dan teater yang diselenggarakan di Pantai Tongaci, pada 8-12 September 2016.

  • Kolaborasi Musik Tari Internasional, yang berasal dari sepuluh negara. World Music Concert.
  • Pertunjukan Sanggar Buluh Perindu dari Bangka.
  • Wayang Beber Pohon
  • Fantasy Fashion Fotography

ART.I.EXPO 16

Merupakan Exposisi Seni rupa yang berjalan dari pulau ke pulau di Indonesia. Diikuti oleh 21 seniman antar bangsa, merupakan rangkaian kegiatan internasional sejak TAMBORA Bienalle. Acara Expo diselenggarakan dari 8 September 2016 hingga 8 Januari 2017.

AKSARA BUDAYA BANGKA

Bertepatan dengan hari Aksara Internasional 8 September, diselenggarakan serangkaian kegiatan pembelajaran budaya untuk anak dan dewasa.

  • Bazar Buku Bangka
  • Perkenalan dan peluncuran Bookstore Tourism
  • Kapal Pustaka. Radio Buku dan Instalasi Buku
  • Peluncuran dan penandatanganan buku
  • Acara dilaksanakan pada 8-12 September 2016

Penyelenggara

Bangka Culture Wave 2016, diselenggarakan oleh DeLOCOMOTIEF Art Stage bekerjasama dengan The Republic of Festival. Di dukung oleh Kementerian Pariwisata RI serta Dinas Pariwisata Provinsi Bangka Belitung dan Pemda Kabupaten Bangka Induk. Kolaborasi juga didukung oleh Mataya Rumah Karnaval. IBOEKOE. Paguyuban Internasional Srimara. Sanggar Buluh Perindu, Newseum Indonesia dan Royal Panji Society.

Info dan kontak:

  • Telp: 0717-431143
  • Fax: 0717-423115
  • Website: visitbangkabelitung.com
Dipublikasikan oleh @HaiEvent
Kategori Event: FestivalSeni & BudayaSeptember